Rumus Volume Tabung

Rumus Volume Tabung – Pada dasarnya rumus volume tabung Matematika ini akan atau sudah kita pelajari di bangku sekolah. Tetapi demikian, ternyata tidak sedikit orang yang masih belum tahu tentang bagaimana cara menghitung volume tabung yang mudah. Makanya melalui artikel ini akan kami informasikan kepada Anda tentang rumus volume tabung beserta contoh soalnya.

Ini artinya Anda akan jadi lebih mudah lagi mengetahui rumus volume tabung lengkap juga beberapa contoh beserta pembahasannya. Namun sebelumnya, sebaiknya ketahui dulu apa yang dimaksud dengan rumus volume tabung?

Rumus volume tabung adalah isi atau besaran benda dalam bangun ruang tiga dimensi. Namun untuk mengetahui informasi lebih jelasnya, mari simak pada ulasan di bawah ini.

Pengertian Volume Tabung

Rumus Volume Tabung

Volume tabung adalah jumlah semua isi yang ada dalam ruang yang dibentuk oleh dua lingkaran identik yang dibuat sejajar. Juga sebuah persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran. Tabung pada dasarnya memiliki 2 rusuk dan 3 sisi.

Lalu kedua lingkaran menjadi alas, dan tutup tabung juga persegi panjang yang menyelimuti bangunan tersebut disebut sebagai selimut tabung. Pada dasarnya untuk mencari atau pun mengetahui volume tabung ini langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari luas lingkaran tabungnya terlebih dulu.

Disebut juga dengan nama silinder, pada umumnya tabung memiliki beberpa rumus diantaranya rumus luas selimut, rumus luas alas tabung, rumus luas permukaan, luas selimut, luas permukaan tanpa tutup, dan rumus volume tabung yang akan jadi topik pembahasan kali ini.

Sebelum kami akan membahas lebih jauh tentang rumus volume tabung, sebaiknya ketahui terlebih dulu ciri – ciri dari bangun ruang tiga dimensi tersebut, yakni tabung.

  • Bangun tabung ini memiliki 2 rusuk
  • Alas dan tutupnya berbentuk lingkaran
  • Tabung juga memiliki 3 bidang sisi. Untuk sisi pertamanya adalah bidang alas, kemudian ada bidang selimut dan terakhir bidang tertutup.

Rumus Volume Tabung

Rumus Volume Tabung

Sebelum kami akan menginformasikan kepada Anda lebih lengkapnya tentang rumus volume tabung, sebaiknya ketahui terlebih dulu unsur – unsur dari tabung itu sendiri, diantaranya sebagai berikut.

  • Pengertian dari sisi tabung ini adalah sisi yang berbentuk lingkaran, dengan pusatnya yang ada di bagian tengah. Lalu untuk sisi atasnya sendiri, yakni sisi yang berbentuk lingkaran dimana pusatnya masih saja, yakni ada di tengah – tengah.
  • Selimut tabung. Sementara itu untuk selimut tabung sendiri adalah sebuah sisi lengkung yang ada di kanan dan kiri tabung.
  • Unsur dari tabung yang berikut ini adalah jarak antara titik A ke titik B.
  • Jari – jari. Ini adalah jarak setengah dari titik A menuju ke titik B pada sebuah bangun ruang tiga dimensi.

Sebenarnya untuk menghitung volume sebuah bangun ruang tiga dimensi, alias tabung ini Anda bisa menggunakan rumus = Luas Alas x Tinggi. Maka dari itu sebelum Anda menghitung volume tabung, maka disarankan untuk terlebih dulu mengetahui luas alas dari sebuah bangun ruang tersebut.

Sebab, alas tabungnya berbentuk lingkaran, sehingga rumus luas alas tabung ini adalah π x r2. Namun untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya mengenai rumus volume tabung, Anda bisa simak pada beberapa ulasan di bawah ini, diantaranya sebgai berikut.

Khususnya untuk rumus luas alasnya adalah luas lingkaran (L) = π x r2, lalu untuk rumus volume tabungnya sendiri, yakni π x r2 x t. Sementara itu jika Anda juga ingin tahu rumus keliling alas tabungnya, maka rumusnya seperti ini 2 x π x r , lalu untuk rumus luas selimut = 2 x π r x t.

Untuk rumus luas permukaan bangun ruang tabung = 2 x luas alas + luas selimut tabung, dan untuk rumus kerucut + tabung → volume = (π x r2 x t) + (1/3x π x r2 t) dan untuk rumus luasnya = (π x r2) + (2 x π x r x t) + (π x r x s).

Kemudian untuk rumus tabung + ½ bola adalah volume = π x r2 x t + 2/3 x π x r3 → dan rumus luasnya = (π x r2) + (2 x π x r x t) + (1/2 x 4 x π x r2) = (3 x π x r2) + (2 x π x r x t). Terakhir adalah rumus tabung + bola yakni volume = (π x r2 x t) + (4/3 x π x r3) dan rumus luasnya sendiri = (2 x π x r2) + (4 x π x r2) = 6 x π x r2.

Berikut adalah keterangan dari semua rumus yang telah kami sebutkan di atas :

  • V : Volume tabung (cm3)
  • Π : Phi (22/7 atau 3.14)
  • r : Jari – jari atau setengah diameter (cm)
  • t : Tinggi (cm)

Cara Menghitung Volume Tabung

Rumus Volume Tabung

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menghitung volume tabung atau silinder adalah menentukan jari – jari dasar lingkaran. Lingkaran mana saja boleh, sebab ukurannya memang sama saja. Jika Anda sudah mendapatkan ukuran jari – jarinya, itu artinya Anda bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Namun jika memang masih belum, pakai saja penggaris untuk ukur bagian terluas dari lingkaran tersebut. Kemudian bagi menjadi dua. Hasilnya tentu akan jadi lebih akurat lagi daripada mengukur setengah ukuran diameter. Contohnya saja ukuran jari – jari tabungnya adalah 1 inch.

Tulis saja jika Anda tahu diameter lingkaran dan bagi dengan 2. Tapi jika Anda tahu kelilngnya  maka Anda bisa membagi dengan 2 π untuk jari – jari. Bila sudah, hitung luas dari basis yang melingkar. Untuk yang satu ini Anda bisa menggunakan rumus mencari luas lingkaran, yakni A = π r2. Kemudian masukkan jari – jari ke dalam persamaan.

A = π  x 12 → A = π x 1. Sebab ukuran dari π adalah sekitar 3.14 tiga digit, maka bisa dikatakan bahwa ukuran daerah basis melingkarnya yakni 3.14 inch2.

Kemudian Anda bisa melanjutkan dengan mencari ketinggian tabung atau silinder. Apabila Anda memang sudah tahu tingginya, maka Anda bisa lanjutkan. Tapi jika tidak, pakai saja penggaris untuk mengukurnya. Tinggi tabung adalah jarak antara bagian tepi dua basis. Misalnya saja ketinggian tabungnya adalah 4 inch.

Untuk langkah terakhir adalah Anda bisa memikirkan dulu volume tabungnya. Sebab volume daerah basis meluas ke semua ketinggian tabung. Karena Anda sudah tahu bahwasannya daerah basis ini adalah 3.14 inch2 dan tingginya 4 inch, maka Anda harus kalikan angka – angka tersebut untuk volume tabung. 3.14 inch2 x 4 inch = 12.56 inch3.

Sebagai tambahan informasi, Anda sangat disarankan sekali untuk selalu menyatakan jawaban akhir di satuan kubik. Alasannya adalah karena volume merupakan ukuran ruang tiga dimensi. Jika Anda memang ingin lebih mudah lagi pada saat menghitung volume tabung, ada baiknya Anda lebih sering lagi berlatih supaya Anda bisa mendapat jawaban soal yang sesungguhnya.

Oh iya, juga penting sekali untuk selalu Anda ingat dan ketahui, bahwa diameter merupakan  penghubung antara dua titik paling lebar dalam sebuah lingkaran atau keliling. Yakni, pengukur paling besar yang didapatkan antara dua titik di lingkar maupun di lingkaran dalam. Jadi, silakan Anda buat  tepian lingkaran yang memenuhi tanda nol di penggaris atau pita fleksibel. Juga pengukuran paling besar yang Anda peroleh tanpa harus kehilangan kontak dengan tanda nol.

Mungkin saja Anda nanti akan jadi lebih mudah lagi untuk mengukur diameter dan membaginya 2 untuk mendapatkan jari – jari secara akurat, tanpa harus menemukan pusat yang tepat. Berikut ini akan kami bagikan juga beberapa Contoh soal volume tabung serta jawabannya.

Contoh Soal Volume Tabung serta Jawabannya

Rumus Volume Tabung

Contoh soal 1 : Coba hitung berapa volume sebuah tabung dengan diameter 40 cm dan tinggi 56 cm?

Jawab : Diketahui diameter sebuah tabung : 40 cm, sebab r = setengah dari diameter maka didapatkan r = 20 cm dan tinggi = 56 cm. Lalu untuk menghitung volume tabungnya adalah sebagai berikut. V = π x r2 x t → 22/7 x 20 cm2 x 56 cm → 22/7 x 20 x 20 x 56 → 22/7 x 22.400 → 70.400 cm3

Contoh soal 2 : Ada sebuah tabung yaang memiliki alas sebesar 340 cm2. Tabung tersebut juga memiliki tinggi 40 cm. Silakan hitung volume tabung dengan baik dan benar?

Jawab : Volume tabung = luas penampang alas atau lingkaran x tinggi → 340 cm2 x 400 cm → 13.600 cm3. Jadi didapatkan volume tabungnya sebesar 13.600 cm3.

Contoh soal 3 : Ada sebuah baja yang memiliki panjang 8 m dan memiliki penampung yang berbentuk lingkaran dengan diameter 6 cm. Silakan Anda hitung volume batang baja tersebut dengan benar dan dalam satuan centimeter (cm).

Jawab : Rumus volume tabung = π x r2 x t. Untuk panjang bajanya sendiri adalah tinggi tabung 8 m = 800 cm. Sementara itu untuk r atau radiusnya sendiri, yakni setengah diameter = 6 – 2 = 3 cm. Jadi volume batang bajanya = ( x 3 x 3 x 800 = 22.628,57 cm3.

Dan berikut ini juga akan kami informasikan kepada Anda tentang cara menghitung luas tabung yang mudah. Luas permukaan suatu bangunan pada dasarnya merupakan jumlah dari luas semua bagian sisi – sisinya. Nah, untuk mengetahui luas tabung, maka Anda harus terlebih dulu mencari alas – alasnya.

Jika sudah jumlahkan dengan luas dinding luar atau selimut tabungnya. Rumus untuk mencari atau menghitung luas permukaan tabung adalah L = 2 π r2 + 2 π r t. Contohnya jika diketahui jari – jari alas tabung ada 3 cm, maka berapa luas permukaan tabungnya?

Pada dasarnya luas permukaan lingkaran ini sama saja dengan konstanta pi atau ~3.14 yang kemudian dikali jari – jari lingkaran kuadrat. Persamaan tersebut ditulis sebagai π x r2. Hal ini sama saja dengan π x r x r. Lalu untuk mencari luas alasannya, Anda masukkan saja jari – jari 3 cm dalam persamaan, yakni L = π r2 → L = π 32 → L = π x 9 → 28.26 cm2.

Nah, itulah rangkuman yang akan bagikan tentang rumus volume tabung. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Leave a Comment